Wednesday, December 19, 2007

1,5 tahun di Kampus Diploma...


"Huh...akhirnya selesai juga..." (bukan Akhirnya Datang Juga, nanti dimarahin Trans TV..hehe.)

Kalimat itu keluar sehabis saya submit berkas yang diperlukan untuk wisuda di bagian akademik kampus. Setelah seharian berputar sekitaran UGM untuk mengumpulkan syarat-syarat yang dibutuhkan untuk wisuda nanti.

Syarat-syarat yang saya maksud ialah: Surat Keterangan Bebas Pinjam Buku (level kampus, Fakultas, dan Perpus Pusat), Bebas Penggunaan Lab. Komputer (level kampus), Bebas Penggunaan alat-alat (mengurus di Gedung Pusat), dll. Pertanyaannya, kenapa semua itu harus diurus oleh masing-masing mahasiswa , padahal tentunya lebih mudah jika itu dilakukan oleh pihak akademik sendiri dengan langsung menghubungi ke unit-unit yang bersangkutan secara kolektif. Apalagi apa susahnya jika itu dalam satu gedung, dan tinggal minta daftar keterangannnya (contoh: Surat Bebas Keterangan Pinjam Buku di Perpus & Bebas Penggunaan Komputer di Lab. Kom), walaupun semua itu ada sedikit tambahan biaya administrasi (kalo di total banyak juga), kan bisa langsung ditambah dengan biaya wisuda. Saya pribadi merasa aneh juga, hanya untuk menerbitkan satu lembar surat keterangan harus membayar sejumlah rupiah yang tidak proposional dengan cost fisik (kertas+printing+stempel, tenaga kerja) surat keterangan tersebut. Alasan di atas bukan mencerminkan malas untuk mengurus atau pelit untuk membayar biaya administrasi, tapi tidak lebih hanya merupakan pertanyaan besar pada diri saya mengenai apa yang seharusnya.

Adapun untuk mengikuti wisuda diwajibkan harus mengikuti dan dinyatakan lulus ujian kompre dulu. Alhamdulillah pada tanggal 15 Desember 2007 akhirnya lulus juga setelah satu minggu refresh bahan, walaupun ada beberapa teman yang belum lulus. Kasihan juga, tapi mau bagaimana lagi.

Suasana saat itu memang tegang, banyak juga teman-teman yang pesimis, serius, de el el deh. campur jadi satu. Tapi bagi saya sih santai saja, yang penting sudah berusaha, keputusan tinggal menunggu (hehe..sok tenang, padahal risau juga kalo tidak lulus..). Dress Code hari itu hitam putih, artinya warna pucat dan berkabung..hehe...tergantung penafsiran orang lah ya..Putih kan juga warna yang suci.

Hmm..Kurang lebih satu bulan waktu kosong untuk menunggu ujian ekstensi S1 UGM, hari-hari dihabiskan untuk hobi lama yang selama ini dilupakan, yaitu main band..hehe..Memang ada juga rencana acara study tour (bahasa halusnya jalan-jalan..hehe) bersama teman-teman lain, tapi masih sebatas planning, melihat keadaan.





No comments:

Post a Comment