Monday, May 26, 2008

Cinta Negara kah??

Seolah tenggelam dalam kelamnya samudera sejarah. Terkesima dengan segala usaha para pahlawanku. Keingintahuan dalam benak seolah mengetuk keras pada sebuah pintu kamar dalam otakku, kamar wawasan sejarah bangsaku. Setelah pintu itu terbuka dengan sendirinya, ternyata yang kutemukan hanya beberapa tumpukan pengetahuan, itupun sudah lusuh. Entah mengapa, semasa sekolah mata pelajaran sejarah bukan favoritku.


Alunan suara ini seolah menenggelamkanku lagi, lebih ke dalam. Namun, sangat aneh, bukannya kesusahan bernapas yang kurasakan, tetapi indahnya kehidupan di dalam samudera ini. Mungkin gelombang-gelombangnya tercipta dari riak-riak keikhlasan segenap elemen bangsa. Lagu-lagu waib ini benar-benar menyentuh rasa nasionalisme.

Pada saat ini juga, ku mencoba menengadahkan pandangan. Nun jauh di sana kulihat cakrawala pengetahuan guruku. Betapa luasnya ruang di atas sana. Kuluruskan pandangan ke depan. Di ujung sana kulihat horizon. Aku langsung bergegas berlari untuk menemukannya, berharap bisa menyentuhnya.

Setelah berlari jauh. Sia-sia kawan, jika ku mampu melihatnya dari jauh, bukan berarti ku bisa menemukannya, apalagi menyentuhnya. Titik temu antara cakrawala pengetahuan guruku dengan daratan pengetahuanku itu tidak ada. Fatamorgana, semu belaka. Membaca dan mencoba memahami tulisan bernada patriotik dari seorang nasionalis ini, yaitu guruku, membuatku mengembara melakukan hal-hal dalam gambaran di atas.

Lagu-lagu yang tercipta oleh tokoh-tokoh bangsa pada zaman dulu dan tulisan patriotik dari guruku ini merupakan sebuah refleksi atau manifestasi dari kecintaan anak-anak bangsa terhadap bangsa dan negaranya. Kemudian, di luar sana, betapa banyak anak-anak bangsa yang sedang melakukan demonstrasi terhadap kenaikan bahan bakar minyak, juga atas nama cinta bangsa dan negara.


Jika saya berfikir bahwa kita harus bersikap ikhlas untuk menerima kenaikan BBM itu dengan dalih agar negara ini tidak mengalami defisit APBN, apakah sikap ikhlas itu juga sebuah refleksi atau manifestasi rasa cinta bangsa dan negara tersebut?

No comments:

Post a Comment